JEJARING PKH DENGAN PEDULI DHUAFA MEWUJUDKAN HARAPAN KELUARGA KPM PKH UNTUK BAHAGIA

Rumah merupakan kebutuhan dasar manusia yang apabila tidak terpenuhi akan mengganggu keamanan dan kenyamanan dalam hidup manusia. Adalah Ibu Sri Lestari KPM warga dusun Kaliberot Argomulyo Sedayu Bantul, seorang janda karena suami meninggal yang hidup bersama dengan anak semata wayangnya. Selama ini mereka tinggal di sebuah rumah yang dibangun dengan swadaya masyarakat dan masih menumpang di tanah milik saudaranya. Berdasarkan hal tersebut digagaslah inisiasi untuk membantu keluarga Ibu Sri Lestari dari Peduli Dhuafa dan PKH. Peduli Dhuafa adalah sebuah Gerakan masyarakat yang bergerak di bidang sosial dan memeberikan bantuan berupa bedah rumah/ membangun rumah kepada warga yang membutuhkan.

Peduli Dhuafa yang bekerja sama dengan PPKH kecamatan Sedayu dan warga masyarakat setempat melakukan pembangunan rumah selama satu minggu di tanah kosong milik Ibu Sri Lestari, pembangunan dimulai sejak tanggal 9 Desember 2019 sampai dengan tanggal 15 Desember 2019. Dana pembangunan rumah tersebut berasal dari donatur yang tergabung dalam komunitas peduli dhuafa dan penggalangan dana yg dilakukan oleh PPKH Sedayu. Dana dan bantuan yang berhasil digalang oleh PPKH Kecamatan Sedayu berupa semen 25 sak, beras 20 kg, bis sumur 2 buah, listrik 450 watt (bekerjasama dengan PLN), dan bahan bangunan untuk membuat jamban dan teras senilai Rp 3.350.000,-

Acara ini terselenggara karena kerjasama dari berbagai pihak. Semua elemen masyarakat di Dusun Kaliberot mulai dari Kepala Dusun, ketua RT dan warga mengambil peran sebagai tenaga pembangunanan rumah berukuran 6x7m tersebut. Sedangkan Ibu-ibu mengambil peran menyiapkan makanan untuk konsumsi warga yang membangun rumah tersebut. Semangat gotong royong di Dusun Kaliberot tersebut masih terasa sangat kuat.

Pada tanggal 15 Desember 2019 telah dilakukan serah terima kunci rumah milik ibu Sri Lestari KPM PKH warga dusun Kaliberot Argomulyo Sedayu Bantul. Acara serah terima dihadiri oleh Muspika Sedayu, Kades Argomulyo, Kepala dukuh Argomulyo, Komuniras Peduli Dhuafa, Korkab PKH kabupaten Bantul, PPKH kecamatan sedayu, dan seluruh warga Kaliberot, Argomulyo, Sedayu. Serah terima kunci rumah secara simbolis dilakukan oleh camat Sedayu yakni Bapak Sarjiman SIP.,ME kepada ibu Sri Lestari. Acara dilanjutkan dengan makan bersama dhahar kembul sebagai wujud syukur keluarga ibu Sri Lestari dan masyarakat setempat. Rencananya setelah acara serah terima ini terlaksana rumah tersebut akan segera ditempati oleh keluarga Ibu Sri Lestari mengingat rumah yang lama masih menumpang di tanah adiknya.

PPKH Kecamatan Sedayu mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dan stakeholder yang telah terlibat dan berpartisipasi baik berupa tenaga, pikiran, dana dan lain sebagainya. Semoga menjadi amal kebaikan untuk para donatur semua aamiin.

By : Endah, SPV Kab. Bantul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *