MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG NYAMAN DAN MENYENANGKAN DALAM MEMAHAMI P2K2 MODUL SATU MENGASUH DAN PENDIDIKAN ANAK SESI DUA MEMAHAMI PRILAKU ANAK DIKEGIATAN RUTINITAS BULANAN MELALUI COUCHING BERRSAMA PENDAMPING KOHORT 2019 DI DLINGO

 

Kegiatan pagi hari ini bersama pendamping kohort 2019 dipenuhi dengan canda, tawa dan senyum  menikmati pemandangan serta harum aroma sejuknya kecamatan Dlingo untuk belajar bersama P2K2 (Pertemuan Peningkatkan Kemampuan Keluarga).

Pemilihan lokasi ini berdasarkan kesepakatan bersama oleh SPV dan para pendamping kecamatan Dlingo. Dengan memilih tempat yang datarannya tinggi, untuk mendapatkan tempat belajar dengan suasana berbeda, tentunya tidak menghilangkan kosentrasi dalam belajar.

Hal ini ditujukan agar pembelajaran bersama  ini dapat lebih fokus memahami secara mendalam makna dari  setiap langkah yang ada di dalam setiap sesinya. Dengan suasana yang nyaman dan bahagia tentunya para pendamping sangat bersemangat mengikuti Coaching P2K2 ini, telihat pada saat mempraktekan serta bermain peran, dengan penghayatan yang luar biasa. Para pendamping mampu memainkan peran sebagai ibu Lilik  di sesi Memahami Prilaku Anak, pada bagian langkah Mengurangi Prilaku Buruk Anak.

Kegiatan Coaching P2K2 dilakukan secara rutin setiap bulan sekali per satu sesi. Untuk bulan ini (September) para pendamping belajar dengan membahas Modul 1 : Mengasuh dan Pendidikan Anak dan Sesi 2 Memahami Prilaku Anak, diselenggarakan kurang lebih 10 pendamping PKH kecamatan Dlingo kohort 2019, pada hari Kamis, 13 September 2019,  dimulai pukul 08.00 s.d 12.00 Wib di Rumah Makan Mbok Sum Dlingo Bantul.

Proses kegiatan dimulai dengan pembagian langkah-langkah di dalam sesi tersebut, memberikan waktu sebanyak lima menit untuk belajar kemudian masing – masing pendamping mempraktekan sesuai dengan langkah yang telah dipilihnya kemudian dilanjutkan dengan evaluasi bersama dalam disetiap langkah yang telah dipraktekan masing-masing pendamping.

Point penting dari sesi ini adalah para pendamping harus mengerti bahwa cara meningkatkan prilaku baik pada anak, dampak kekerasan pada anak dan cara mengurangi prilaku buruk anak.

Semoga kegiatan belajar bersama ini dapat meningkatkan pengetahuan, skill, serta kualitas para pendamping di kecamatan dlingo dalam menyampaikan P2K2 serta mudah diterima atau dipahami oleh KPM  masing – masing diwilayahnya.

 

 

 

Penulis

 

Evi Mulyati

Supervisor PKH Kabupaten Bantul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *