Penerimaan Peserta Diklat FDS Program Keluarga Harapan di Kecamatan Sewon

 

Pada Hari Kamis, 25 Juli 2019 dilaksanakan penerimaan peserta Praktik Belajar Lapangan diklat FDS (Family Development Session) Program Keluarga Harapan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteran Sosial (BBPPKS) Yogyakarta di Balai Desa Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Yogyakarta. Peserta diklat berjumlah 168 yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta diklat yang terdiri dari 4 angkatan ini, yaitu angkatan 96, 97, 98, dan 99 akan mengikuti PBL (Praktik Belajar Lapangan) yang akan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 25 Juli 2019 sampai dengan 30 Juli 2019 di Kecamatan Sewon. Setelah pembukaan kegiatan Penerimaan Peserta PBL Diklat FDS Program Keluarga Harapan dilanjutkan dengan Praktik Belajar Lapangan yang berlokasi di Dusun Pandes. Peserta diklat diharapkan tidak hanya melaksanakan kegiatan PBL Diklat FDS saja, namun juga dapat menambah pengalaman dan pengetahuan di desa wisata Kampung Dolanan, Pandes.

Bapak Wahyudi Anggoro Hadi, selaku Kepala Desa Panggungharjo dalam sambutannya memaparkan, “Pendamping PKH setelah mengikuti kegiatan PBL dapat menerapkan ilmu yang didapatkan di wilayah dampingan masing-masing. Pendamping PKH sebagai agent of change dan ujung tombak pelaksanaan kegiatan diklat FDS ini diharapkan mampu memberikan pencerahan dan pengetahuan kepada masyarakat khususnya KPM PKH terkait materi FDS yang didapatkan agar dapat tercapai tujuan dari PKH yaitu menjadikan KPM PKH menuju keluarga yang mandiri sejahtera dalam upaya pengentasan kemiskinan.”

Adapun materi FDS yang diberikan dalam PBL Diklat FDS kali ini meliputi materi pendidikan dan pengasuhan anak, pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha, kesehatan dan gizi, perlindungan anak, pelayanan penyandang disabilitas, dan kesejahteraan lanjut usia.

Oleh : Diah Intan Kusuma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *