PENYULUHAN SOSIAL DI KELURAHAN BANGUNKERTO TURI KABUPATEN SLEMAN

SLEMAN – Senin (8/4/2019) telah dilaksanakan Penyuluhan Sosial oleh petugas penyuluh sosial masyarakat Dinas Sosial DIY. Penyuluhan ini dihadiri 40 orang, yang terdiri dari Tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), pendamping PKH Kecamatan, PKK Kecamatan, PSM, kader posyandu dan dasa wisma, Kepala Desa dan perangkat desa, karang taruna, PSM, tokoh agama dan masyarakat, dan juga dihadiri KPM PKH. Narasumber yang dihadirkan berasal dari Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3), Pendamping PKH, Penyuluh Sosial Dinas Sosial DIY, dan Pensosmas Gunungkidul. Kegiatan ini mengambil tema “keluarga bahagia, parenting, ketahanan keluarga, dan lembaga konsultasi kesejahteraan keluarga.”

Anas Makruf (Kepala Desa Bangunkerto) yang membuka acara ini. Dalam sambutannya laki-laki setengah baya itu, menghimbau agar seluruh peserta untuk mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dan seksama. Hal ini tidak lain karena pentingnya tercapainya kesejahteraan masyarakat di daerahnya. Penerima bantuan harus belajar efisien dalam memanfaatkan setiap bantuan. Harus belajar mencukupi seluruh kebutuhan dengan bantuan, walaupun itu sangat susah untuk mencukupinya. Namun dengan mentalitas baik, sesuatu yang terkadang dipandang tidak cukup akan cukup dengan efisiensi pengeluaran.

Materi dimulai dari identifikasi masalah dari peserta. Kumpulan permasalahan dari peserta kemudian ditulis pada kertas plano. Permasalahan yang muncul kemudian didiskusikan bersama narasumber.  Diantara permasalahan yang muncul adalah kenakalan anak, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), lansia terlantar, kenakalan remaja, KDRT, pernikahan dini, perceraian, darurat narkoba.

 

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Desa Donokerto, Turi. Selain itu juga diselenggarakan di  Desa Margorejo, Tambakrejo, dan Sumberejo Kecamatan Tempel.

 

 

 

 

 

Penulis : Sri haryanti (SPV Kab. Sleman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *