PENINGKATAN KAPASITAS SDM PKH DIY TAHUN 2019

Kaliurang (25/06/2019) di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi telah terlaksana acara Peningkatan Kapasitas SDM PKH DIY dengan peserta yang terdiri dari Pendamping Sosial, Administrasi Pangkalan Data, Supervisor, Koordinator Kabupaten/  Kota dan Koordinator Wilayah dan team sekretariat DIY mengusung tema “ Bersatu, bersaudara untuk PKH DIY yang lebih baik”. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas kinerja dari SDM PKH DIY dan sebagai sarana pengakraban SDM antar Kabupaten/ Kota. Acara ini terselenggara berkat kerjasama yang apik antar panitia dan disponsori oleh beberapa pihak, antara lain Bank Mandiri, BNI, BPD, Universitas Widya Mataram, Mogivato photo dan video, dan Hotel Ross In.

Acara tersebut dimulai pukul 09.00 ditandai dengan seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan menyanyikan Mars PKH, dibacakan doa pembuka dan ikrar syawalan, yel yel PKH, dan dimeriahkan dengan lomba kreatifitas PPKH di tiap Kabupaten/Kota.

Kabid Linjamsos Dinas Sosial DIY, Ibu Peni Sumarwati, S.Psi hadir membacakan laporan kegiatan dilanjutkan sambutan dari Bapak Untung Sukaryadi, MM selaku Kadinsos DIY. Beliau menyampaikan ”sebagai SDM PKH yang berperan sebagai agen penanggulangan kemiskinan melalui bansos PKH, para pendamping harus dapat memiliki kemampuan bersinergi dengan berbagai elemen maasyarakat dan menumbukembangkan kesadaran penggunaan aksara Jawa dengan program restorasi sosial agar terbangun semangat keistimewaan Yogyakarta “.

Untuk memberikan motivasi kepada SDM PKH diberikan penghargaan kepada pendamping yang memiliki prestasi, diantaranya: pengharaan pendamping dengan video terbaik diberikan kepada Misdiantoro pendamping Gondokusuman Kota Yogyakarta sebagai pemenang pertama dan Waldi pendamping Samigaluh Kulonprogo sebagai pemenang kedua  ,penghargaan pendamping dengan graduasi terbanyak diberikan kepada Ekowati Suraningsih dari Kecamatan Ngawen Gunungkidul, dan penghargaan PPKH dengan dateline terbaik yakni diberikan kepada PPKH Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM PKH DIY 2019 juga menguji kekompakan antar kabupaten dengan menggelar lomba kreatifitas yang dimenangkan oleh Kabupaten Bantul, serta lomba yel-yel yang dimenangkan oleh Kabupaten Kulonprogo.

Semakin siang, acara semakin meriah dengan adanya outbond dari Tim ARFIE Yogyakarta. Dengan dibagi menjadi beberapa kelompok, para SDM PKH mengikuti beberapa  permainan outbond yang telah disediakan oleh panitia. Setelah outbond dan istirahat sorak sorai SDM PKH juga membahana ketika acara puncak yang dinanti dimulai yakni pembagian doorprise dan hiburan berupa music dangdut dengan bintang tamu Xena Xenita, Rian Cesa dan Febrianti. Tidak cukup di sini, kejutan kehadiran dari Koordinator Regional yakni Bapak Anang Mega Cahya menambah semangat dari SM PKH. Bapak Anang berpesan,” teruslah menciptakan prestasi yang gemilang para SDM PKH”. Pesan yang begitu singkat namun apabila diresapi begitu sarat akan makna. (Red: End)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *