Ingin Menginspirasi, KPM PKH Bambanglipuro Bersemangat Mengikuti Pelatihan Literasi

Pada 5 Maret 2019, telah dilaksanakan Pelatihan Literasi di Balai Desa Sumbermulyo. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintahan kecamatan Bambanglipuro dengan PKH Kecamatan Bambanglipuro. Acara tersebut merupakan tindak lanjut dari niat baik peserta KPM PKH yang telah graduasi secara mandiri. Selain KPM Graduasi, acara ini juga mengundang anak-anak KPM yang memiliki hobi di bidang kepenulisan.

 

Hadir dalam acara tersebut Penerbit Pohon Cahaya yang bertindak sebagai pemateri. Dua pemateri yang mengisi acara selama 3 jam ini adalah Sasongko S. Wandaru dan Purnomo. Peserta mengikuti acara ini dengan semangat dan antusias.

 

Dalam sesi pertama, Pak Purnomo memberikan penjelasan tentang konsep kepenulisan. Disampaikan bahwa pentingnya menerapkan unsur 5W + 1H dalam sebuah tulisan. Selanjutnya, sesi kedua diisi oleh Pak Sasongko yang mengajak peserta secara langsung berlatih menulis cerita. Awalnya, peserta diajak memejamkan mata dan merenungi benda-benda sekitar. Kemudian, peserta diajak menuangkannya dalam sebuah tulisan.

 

Semua peserta telah berhasil menulis dengan baik. Untuk itu, acara dilanjutkan oleh Pak Purnomo yang mengajak peserta menuliskan ceritanya. Peserta pun mulai menuliskan ceritanya yang digolongkan dalam tiga jenis. Pertama, Pendamping PKH menceritakan lika-likunya selama mendampingi KPM. Kedua KPM Graduasi menceritakan kisahnya dari awal mendapatkan PKH sampai akhirnya bisa sejahtera dan memutuskan graduasi mandiri. Lalu yang ketiga, anak KPM menuliskan ceirta tentang keluarganya selama menjadi penerima manfaat PKH.   

 

Hasil cerita yang telah dituangkan peserta dalam acara itu merupakan cerita-cerita inspiratif. Namun, akan jadi cerita yang sia-sia jika tidak dibaca dan memengaruhi masyarakat lebih luas. Untuk itu, Penerbit Pohon Cahaya memfasilitasi penerbitan buku untuk kisah-kisah non fiksi ini. Nantinya akan diterbitkan dua buku. Pertama buku yang memuat cerita pendamping PKH dan kedua cerita yang memuat cerita dari KPM.

 

Ada pun dua buku tentang pendamping dan KPM akan launching pada April mendatang. Peserta berserta Pendamping PKH dan Pemerintahan Kecamatan Bambanglipuro berharap nantinya kisah mereka bisa menginspirasi masyarakat lebih luas. Ke depan sangat diharapkan KPM PKH yang sudah mampu bersedia graduasi secara mandiri.

 

Penulis: Tri Puspitasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *