BEGINILAH CARA KAMI KELOMPOK 5B BERMAIN

14 Desember 2019- Pendopo Gua Cemara tampak ramai tidak seperti biasanya. Dari orangtua sampai anak berada disana. Ternyata pada hari itu, ada acara piknik ke Gua Cemara dari Dukuh 5b Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo. Diikuti oleh 60 peserta, yang diantaranya 30 peserta adalah anggota PKH.

Tepat sholat dhuhur selesai mereka berangkat naik bus. Acara ini dimulai di pendopo Pantai Gua Cemara setelah dhuhur sekitar pukul 13.00 WIB. Acara dibuka dengan doa langsung dengan sambutan langsung oleh Ibu Ketua Pertemuan Kelompok seperti pertemuan setiap bulannya. Pak dukuh bernama Lismawanto dukuh 5b juga ikut menghadari pada siang ini. Acara selanjutnya diisi oleh Pendamping PKH yaitu Zahrotul Hasanah materi FDS modul pertama pengasuhan anak bab mengenal perilaku anak. Dilanjutkan dengan praktik langsung ditempat bagaimana memuji anak, mengajak anak bermain, melibatkan keluarga (ayah, ibu, dan anak). Selama materi para peserta tampak antusias mendengarkan serta mempraktekkan. Ada yang berbeda pada pertemuan kali ini, praktek ke keluarga sendiri dan lengkap dengan anggotanya ayah, ibu, dan anak dengan memuji anak, lalu memberikan penghargaan menghasilkan berbagai macam respon. Seperti salah satu contohnya pengampu KPM mengatakan “Kegiatan terbuka seperti ini sangat menyenangkan sekali dan menambah ilmu”.

Sebenarnya ini merupakan acara piknik keluarga Dukuh 5b, namun karena terdapat setengahnya anggota PKH makanya ak ikut nimbrung aja mbak sekalian FDS”kata Zahra Pendamping PKH Galur”.

 Tidak terasa satu jam materi, langsung dilanjutkan sie tanya jawab kepada warga Non PKH dan PKH mengenai materi ataupun seputar PKH itu seperti apa, hak dan kewajibannya. Setelah selesai mereka kemudian makan siang di pinggir pantai dan acara bebas sampai pukul 17.00. Keadaan di sekitar pantai sudah mulai gelap, akhirnya pulang. Waktu maghrib, semua peseta sudah sampai di Galur. Peserta merasa senang dengan acara ini dan berharap ka nada lagi rekreasi sambil belajar.

Supervisor Pekerja Sosial PKH Kulon Progo

Sari Khasanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *