MOTIVASI KPM PKH DALAM MENDORONG PERCEPATAN GRADUASI MANDIRI DI KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL

Rabu, 13 Febuari 2019 merupakan acara Motivasi KPM PKH Dalam Mendorong Percepatan Graduasi Mandiri di Kecamatan Banguntapan yang difasilitasi oleh Pendamping PKH dan  Kecamatan Banguntapan,  dihadiri oleh Camat  Banguntapan, Koordinator dan Pendamping PKH Banguntapan, delapan Kelurahan dari Kecamatan Banguntapan, Supervisor dan Koordinator Kabupaten Bantul, serta 42 KPM PKH yang berdasarkan asesmen pendamping PKH telah mampu atau sejahtera. Motivasi diberikan dari berbagai pihak dimulai dari  Camat Banguntapan, KUA, Koordinator PKH Kabupaten Bantul dan KPM PKH yang telah Graduasi Mandiri.

        Dalam acara tersebut Dra. Endang Rachmawati, MM selaku Camat Banguntapan menyampaikan bahwa masih banyak warga miskin yang tidak masuk data BDT, artinya tidak mendapatkan berbagai macam program yang berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan. Dengan mengingat hal tersebut beliau mengajak kepada KPM PKH yang hadir dalam pertemuan untuk selalu melihat  kebawah dan berbagi kebahagiaan kepada orang lain yang membutuhkan, serta selalu  bersyukur . Itulah salah satu motivasi dari bu Camat Banguntapan.    

Kemudian dilanjutkan dengan motivasi sentuhan religius yang dilakukan oleh KUA bahwa cukup tidak cukup atau miskin tidak miskin itu relatif, kembali lagi kepada hati, tergantung bagaimana cara mampu menata hati. Rasa syukur itulah yang sangat penting, dapat  diwujudkan dengan memulai dari hal kecil serta memberikan manfaat bagi orang lain. Bila melihat kekayaan maka lihatlah kebawah, disana masih banyak orang yang lebih kurang beruntung.  Harta sejati bukanlah  mobil, rumah dan lain sebagainya. Harta sejati adalah apa yang sekarang kita sedekahkan. Mari berbagi kepada orang yang tidak mampu. Allah SWT akan memberikan sesuai dengan prasangka hambanya, apabila merasa mampu, yakinlah bahwa kita berkecukupan, bisa memenuhi kebutuhan hidup, mampu berbagi dengan orang lain, maka  seperti itulah Allah SWT akan memberikan. Namun apabila sesungguhnya sudah mampu dan berkecukupan, tetapi masih mengatakan tidak mampu itu artinya telah membohongi diri kita sendiri dan Allah SWT akan mengabulkan sesuai dengan prasangka hambanya.  Maka dari itu berprasangka baiklah kepada Allah SWT dengan cara mensyukuri apa yang dimiliki saat ini. Hari ini merupakan momentum yang tepat untuk mensyukuri apa yang dimiliki, apabila sudah berkecukupan dan mampu, maka alangkah baiknya menyatakan diri bahwa sudah mampu dan memberikannya kepada yang sangat membutuhkan.

       Motivasi dalam acara tersebut tidak cukup sampai disitu saja, Koordinator Kabupaten bersama KPM PKH Graduasi Mandiri Kecamatan Banguntapan ikut andil berperan dalam motivasi dengan menampilkan testimoni bercerita tentang perjalanan dalam pemberdayaan, perjalanan pada saat akan dan setelah menjadi KPM Graduasi Mandiri.  Cerita yang sangat menarik dari salah satunya KPM Graduasi Mandiri yaitu Ibu Sofiatun, beliau menceritakan setelah beberapa bulan dirinya menjadi KPM Graduasi, alhamdulilah beliau mendapatkan tiket umroh geratis, dan anaknya mendapatkan beasiswa kuliah hingga selesai, serta anak yang terakhir saat ini akan mewakili Indonesia untuk mengikuti ASIAN GAMES.

       Dari serangkaian acara tersebut Alhamdulillah dapat berjalan baik, serta dengan pendekatan motivasi dari berbagai pihak,  banyak KPM PKH dengan mengacungkan tangannya berkeinginan secara sukarela untuk menjadi KPM Graduasi Mandiri. Semua KPM mengambil blanko surat pernyataan, serta langsung mengisi dan diatas materai. Kegiatan tersebut mampu memotivasi sebanyak  27 KPM PKH untuk Graduasi Mandiri, sedangkan KPM yang lainnya pun  sudah mulai tersentuh hatinya dan banyak berniat mengundurkan diri secara sukarela serta akan segera menyerahkan surat pengunduran diri lanngsung ke Kecamatan Banguntapan. Setelah itu KPM PKH yang telah mengisi dan menandatangani blanko diatas materai surat pernyataan Graduasi Mandiri, maka dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan sebagai KPM Graduasi Mandiri,  yang diserahkan langsung oleh Camat Banguntapan, Koordinator Kabupaten dan Koordinator Kecamatan Banguntapan.

        Semoga kegiatan ini dapat  menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu mengembangkan strategi dalam mendorong percepatan Graduasi Mandiri, dengan pendekatan motivasi tersebut sangat relevan untuk diterapkan guna membantu merubah prilaku dan menabah wawasan bagi KPM PKH.

 

Penulis : Evi Mulyati, S.ST, M.SI

Pekerja Sosial Supervisor PKH Kabupaten Bantul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *