EDUKASI DAN MOTIVASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN TAHUN 2019

SEWON – Kamis (28/02/2019) telah dilaksanakan sosialisasi PKH terkait Bantuan Sosial PKH tahun 2019 bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Kecamatan Sewon. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hallroom Syekh Sewu Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Yogyakarta dan dihadiri oleh KUA Sewon, Polsek Sewon, dan 75 orang KPM PKH yang masing – masing mewakili dari satu pedukuhan di wilayah Kecamatan Sewon. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Kasie Bantuan Jaminan Sosial (Kasie Banjamsos) Ibu Rahayu Martiningtyas, S.H. bersama Koordinator PKH Kabupaten Bantul Bapak Dwi Sulistiyono, M.Pd.

 

Ibu Rahayu Martiningtyas, S.H. selaku Kasie Banjamsos Dinas Sosial Bantul dalam materi nya memberikan motivasi kepada para KPM PKH untuk dapat menggunakan bantuan PKHnya secara bijak dikarenakan jumlah bantuan PKH di tahun 2019 ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2018. Beliau juga memberikan edukasi untuk dapat menabung agar suatu saat jika ada kebutuhan yang mendesak tabungan tersebut bisa digunakan. Disamping itu, dalam materi tersebut ditekanan juga terkait informasi dan motivasi kepada para KPM PKH bagi yang sudah mampu dan tidak layak menerima bantuan agar bisa mengundurkan diri (graduasi) dari kepesertaan PKH.

 

Sedangkan, Narasumber kedua yaitu Bapak Dwi Sulistiyono, M.Pd. selaku Koordinator PKH Kabupaten Bantul menegaskan kembali bahwa bantuan sosial PKH merupakan bantuan dari Kementerian Sosial. Beliau juga menghimbau kepada para KPM PKH untuk melakukan pengambilan Bantuan Sosial PKH maupun BPNT secara mandiri (diambil sendiri) dan tak lupa juga beliau memberikan edukasi kepada KPM PKH untuk berhati-hati saat menggunakan ATM PKH. Dalam materinya dijelaskan pula terkait Bantuan PKH yang sifatnya tidak selamanya, dimana Kepesertaan PKH maksimal hanya 6 tahun saja, dan ada proses Verifikasi kembali untuk tahun berikutnya apakah masih layak menjadi KPM PKH mendapatkan Bantuan Sosial kembali atau sudah menjadi keluarga yang mandiri sejahtera (mampu) sehingga dibutuhkan kesadaran penuh dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM PKH) untuk dapat mengembangkan kemampuan keluarganya sehingga bisa menjadi Keluarga Mandiri Sejahtera dan keluar dari kemiskinan.

 

Dalam kegiatan sosialisasi PKH ini, semua Peserta PKH yang hadir sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan wawasan, informasi, edukasi dan motivasi agar kedepannya Bantuan PKH ini bisa lebih tepat sasaran dan dapat mengurangi angka kemiskinan di DIY.

Penulis : Diah Intan Kusuma,

pendamping PKH Kecamatan Sewon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *