LOMBA BAYI SEHAT PKH SEWON BANTUL

Oleh : Fenni Nursulistyarini

Yogyakarta (30/12/2018), “Gerakan Sehat, Produktif dan Sejahtera Menuju Keluarga Harapandiusung menjadi tema kegiatan Lomba Bayi Sehat 2018 PKH Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Lomba ini hanya sebagian dari beberapa lomba yang akan dan sedang dilakukan. Hari Ibu menjadi inspirasi PPKH Kecamatan Sewon untuk mengadakan serangkaian lomba. Puncak acara dan pembagian hadiahnya pada tanggal 6 Januari 2019 mendatang.

Kepala Puskesmas I Sewon, Endar, menyampaikan laporan rangkaian acara menyemarakkan peringatan Hari Ibu tahun 2018 Kecamatan Sewon. “Kegiatan ini adalah kerjasama antara Puskesmas Sewon I dan PLKB  serta PPKH Kecamatan Sewon”, demikian dikatakan Endar dalam laporannya. Selanjutnya, menandai dibukannya secara resmi rangkaian kegiatan, Drs. Danang Erwanto, M.Si; Camat Sewon memberikan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan.

Khusus untuk lomba bayi sehat diikuti oleh 30 bayi berusia 5 bulan sampai 12 bulan dari masing-masing kelompok peserta yang menjadi penerima manfaat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sewon. Dengan diadakannya lomba bayi sehat ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pengetahuan ibu untuk memberikan asuhan, memelihara serta melindungi anaknya terhadap pertumbuhan dan perkembangan dimasa yang akan datang. Selain itu, tujuan khusus kegiatan ini adalah pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan menilai sejauhmana pengetahuan ibu tentang perawatan dan pemeliharaan kesehatan anak, mengetahui adanya kelainan yang terjadi pada tumbuh kembang bayi.

Para bayi ini akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Bidan Puskesmas Sewon I  yaitu D. Wahyunarto, T.N, Muryati selaku perawat gigi, Juni Astuti selaku bidan di Puskesmas Sewon  II, serta Titik C.H dari koordinator  PLKB Sewon. Penilaian perlombaan ini mengacu kepada 5 kriteria yang sudah ditetapkan oleh panitia. Kriteria tersebut adalah kesehatan anak, kesehatan gigi anak, imunisasi anak, gizi anak dan pengetahuan ibu tentang PKK.

Selain kegiatan perlombaan bayi sehat dalam rangkaian acara hari ibu, diadakan juga kegiatan dengan sasaran wanita dewasa, diharapkan para wanita peduli terhadap kesehatan. Panitia mengadakan pengobatan gratis berupa pemeriksaan KB yang dikuti 21 peserta IVA, 37 dan 45, pemeriksaan IVA dan Papsmear gratis untuk peserta PKH serta diajari beberapa cara dalam mendeteksi kanker serviks.

Papsmear adalah pemeriksaan kesehatan yang mampu mendeteksi kanker serviks. IVA adalah pemeriksaan leher Rahim yang dapat digunakan untuk pendeteksi pertama kanker serviks. Kegiatan pengobatan gratis itu PKH Kec. Sewon menggandeng Puskesmas I dan II Sewon, serta Laboratorium CIKO.

 

Fenni Nursulistyarini, adalah Pendamping Sosial PKH Kec, Sewon Bantul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *