PENYULUHAN IBU HAMIL DAN PASCA PERSALINAN KPM PKH SEMIN GUNUNGKIDUL

Salah satu kegiatan inovatif yang dilaksanakan oleh Pendamping Program Keluaraga Harapan (PKH) Kecamatan Semin adalah penyelenggaraan Penyuluhan Ibu Hamil dan Pasca Persalinan. Pesertanya adalah ibu hamil Keluarga Penerima Manfaat(KPM) PKH se-kecamatan Semin serta kader Posyandu perwakilan dari tiap desa. Kegiatan yang digelar kurang lebih empat bulan yang lalu tepatnya Selasa (18/9/2018) dilaksanakan di Ruang Rapat 1 Kantor Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul.

Penyuluhan diikuti oleh seluruh ibu hamil KPM PKH Kecamatan Semin sebanyak 30 orang dan 10 orang kader Posyandu. Peserta sangat antusias mendengarkan materi penyuluhan yang disampaikan oleh narasumber Titin Hendrawati, Amd. Keb, SKM, MM, kepala UPT Puskesmas Semin 2. “Alhamdulillah saya senang mengikuti acara ini karena menambah wawasan dan saya merasa tenang menjelang proses melahirkan karena selama hamil saya sudah melaksanakan yang tadi telah dipaparkan oleh narasumber”, tutur Heni Rahmawati, salah satu peserta PKH dari dusun Banyukendil.

Ketua panitia penyelenggara acara Hidayatika Amin Puspandari, Amd.Keb menjelaskan latar belakang diadakannya acara ini adalah masih terjadinya masalah-masalah dalam kehamilan dan pasca persalinan yang dialami oleh KPM PKH. Lebih lanjut Hida menjelaskan bahwa “Tujuan acara penyuluhan ini agar menambah wawasan ibu-ibu KPM PKH yang sedang hamil pada khususnya serta masyarakat pada umumnya agar mereka dapat lebih cepat tanggap ketika mengalami keluhan selama kehamilan hingga pasca persalinan sehingga dapat meminimalisir resiko yang terjadi”.

Penyelenggaraan acara ini sangat mendapat apresiasi dari sekretaris camat Kecamatan Semin Sri Agus Suharyati, MM “Mudah-mudahan dengan adanya penyuluhan ini dapat menambah pengetahuan ibu-ibu hamil sehingga mereka dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat”.

Turut hadir Dalam acara ini dari IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) Yogyakarta yang selama ini bekerjasma dengan PPKH Kecamatan Semin dalam memberikan bantuan di bidang kesehatan berupa fasilitas rumah singgah dan ambulance gratis kepada KPM PKH Kecamatan Semin.

Kedepannya Pendamping PKH Kecamatan Semin berkomitmen untuk melaksnakan inovasi-inovasi lain di luar tugas pokok pendampingan agar dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat. Semoga,

Sumber : Nanik Hidayati, Pendamping Sosial PKH Kec. Semin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *