COACHING P2K2 PKH PENDAMPING SOSIAL SLEMAN

 

Sleman, (24/9/2018) telah diadakan coaching pertemuan penguatan kemampuan keluarga (P2K2) atau lebih dikenal dengan family development session (FDS) kepada pendamping dari 17 kecamatan di Sleman. Coaching kali ini dilakukan oleh supervisor bersama dengan pendamping PKH di Kabupaten Sleman yang telah di diklat sebelumnya. Pada kesempatan kali ini dibagi menjadi lima titik berdasarkan wilayah kerja masing-masing. Pada tiap titik terdiri dari 3-4 kecamatan, sedangkan pesertanya berjumlah kurang lebih 30-35 orang.   

Coaching dilaksanakan selama dua hari (24-25 September 2018). Materi yang disampaikan tentang pengasuhan, dengan menggunakan panduan modul pengasuhan dan pendidikan anak yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial RI. Pada waktu pelaksanaan pembagian sesi dalam modul disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Mengapa demikian? Karena peserta memiliki pengalaman coaching yang berbeda, di wilayah yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu dibutuhkan pengacakan sesi agar sesuai dengan kebutuhan.

Kemampuan pendamping merupakan kebutuhan fundamental dalam implementasi program. Pelatihan kali ini pada hakikatnya bertujuan agar pendamping bertambah pengetahuan yang akan berkorelasi dengan kemampuan mereka di lapangan. Penambahan pengetahuan ini mutlak dibutuhkan mengingat perkembangan permasalahan yang ada di keluarga penerima manfaat (KPM). Permasalahan yang muncul itu harus dibarengi dengan inovasi yang kuat dari pendamping saat di lapangan.

Berbicara mengenai orangtua dan anak tidak berhenti pada satu titik pengetahuan saja. Perkembangan yang sedemikian pesat menjadikan permasalahan yang menyelimuti keduanya juga semakin komplek. Dengan demikian, dibutuhkan pengetahuan yang berimbang dari kedua belah pihak. Materi inilah yang disodorkan kepada pendamping agar memiliki kemampuan lebih dalam membaca tantangan dan peluang yang menyelimuti orangtua dan anak  

 

Peksos Supervisor Kab. Sleman

Sri Haryanti

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *