Senyum Ferdian

Ferdian saat menerima kursi roda di Kecamatan Panjatan (28/08/2018)

Kulon Progo- Ferdian Rizky Aprianto (14), baru saja lulus dari SD Negeri Kanoman pada tahun 2018 ini. Kedua orangtuanya sangat bersyukur pada akhirnya putra mereka lulus. Sejak lahir Ferdian melakukan aktifitas seperti anak-anak lainnya jarang sekali hilang kesadaran, tetapi semenjak setahun lalu ia sering sekali hilang kesadaran, pingsan dan jatuh ketika bersepeda, bermain. Kondisi penyakit yang ia derita, epilepsi menyebabkan slow respon dan berakhir lumpuh (tidak bisa kemana-mana).

“Ketika lumpuh itu, anak maksa belajar jalan. Merambat belajar jalan, pegangan pinggir tembok. Lumayan bisa jalan mbak walaupun pegangan dan sering jatuh. Pengin lihat temen-temen main” Kata Ibu Sri Welas

Sayangnya kondisi Ferdian latihan berjalan hanya dapat berjalan selama sebulan. Setelah itu ia benar-benar lemah, akibat sering terbentur kepala dan tulang belakangnya. Akhirnya ibu Sri Welas berkonsultasi ketika Pertemuan Kelompok kepada pendamping tentang bagaimana cara mendapatkan kursi roda gratis untuk Ferdian agar tetap bisa berjalan-jalan melihat teman-temannya dan lingkungan rumahnya.

Setelah mendapatkan aduan, sebagai pendamping mbak Lina langsung berkonsultasi kepada koordinator kabupaten, supervisor PKH dan KPKD(Kader Penanggulangan Kemiskinan Daerah) untuk bekerjasama dalam mendapatkan bantuan kursi roda gratis. Pengajuan pertama kami lakukan. Alasan belum pernah fisioterapi dan baru 7 bulan lumpuh maka pihak kursi roda belum bisa memberikan bantuan karena harus melihat perkembangan fisioterapi terlebih dahulu. Namun, usaha kami tidak berhenti sampai disitu ketika terdapat program alat bantu Jamkesus di bulan Juli kami juga mengajukan Ferdian untuk ikut.

Selasa, 28 Agustus 2018 merupakan jadwal fitting dan penerimaan kursi roda untuk kecamatan Panjatan dalam Program Jamkesus. Tampak sumringah dari raut muka Ferdian. Besar harapan Ibu kepada Ferdian agar dapat sembuh, bermain, dan sekolah seperti anak-anak lainnya.

“Semangat sekolah masih ada mbak, tapi kondisinya seperti ini ya gimana lagi istirahat dulu, semoga cepat sembuh. Terimakasih mbak, akhirnya Ferdian dapat kursi. Senang sekali rasanya”

 

Dani Dwi Karlina dan Sari Khasanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *